Sinau Fotografi: Fotografi bagi Pemula


 Apa itu fotografi?

Fotografi adalah seni atau suatu proses penghasilan gambar dan cahaya yang dipantulkan oleh objek yang masuk ke lensa kemudian diteruskan ke bidang film, sehingga menghasilkan gambar. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, peranan fotografi menjadi semakin luas. Perkembangan fotografi dimulai dengan penemuan kamera obscura yang hanya digunakan untuk mengabadikan citra alam. Pengabadian citra alam tersebut dengan cara menggambar, bukan memotret. Sekarang, fotografi semakin luas perannya pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profesi.

Fotografi memiliki peranan besar sebagai pendukung desain komunikasi visual untuk mengkomunikasikan suatu produk atau jasa kepada khalayak sasaran. Dengan melihat foto suatu produk, seseorang dapat mengenali produk yang bersangkutan dengan lebih baik, daripada hanya membayangkan saja. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, fotografi pun makin luas peranannya pada berbagai bidang ilmu pengetahuan dan profesi, antara lain pada disiplin desain komunikasi visual. Kehadiran fotografi menjadi penting sebagai sarana untuk menghadirkan sebuah imaji atau citraan visual. Dengan modal kamera, fotografi mampu berperan sebagai wahana yang sangat aktif untuk mendokumentasikan suatu objek. Pada saat ini fotografi juga bisa dilakukan dengan mudah misalnya dengan menggunakan handphone. Ada empat unsur penting sebagai dasar fotografi, yaitu: pencahayaan, efek gerak, fokus dan ruang tajam, daan komposisi.

Divisi Infokom Himmaba Cabang telah menyelenggarakan kegiatan “Sinau Desain” dengan tema “Photography for Beginer: Explore your experience with photography”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 24 Januari 2021 dengan narasumber Hayyu Erinda dan Harida Nabila yang sudah expert dibidang fotografi. Sinau fotografi ini diikuti oleh khalayak umum yang didominasi mahasiswa dari berbagai daerah. Selain belajar fotografi bagi pemula, banyak pengalaman dan pengetahuan yang menarik dari penyampaian narasumber. Salah satunya yang disampaikan adalah “sebuah gambar mengartikan dari seribu kata yang artinya dari sebuah objek gambar akan mengartikan dari beribu-ribu kata, dari sebuah gambar dimaknai dengan seribu cerita kehidupan.”

Dimas Rizka (Div. Infokom Himmaba)

Comments