Paradigma Status: Di HIMMABA, Kita menjadi Alumni, Santri atau Mahasiswa?


Seorang lulusan pondok pesantren sangat kultural sekali dengan bahasa Alumni, seperti yang terjadi di berbagai kalangan pondok pesantren khususnya salaf yang saat momen haflah menjadi sarana sambung silaturrahim dengan dipertemukan reuni-reuni kecil setiap angkatan. Pada adat budaya yang sudah rutin dalam setiap tahun diantara kita sebagai mahasiswa bertanya, merenung dalam hati bahwa sebenarnya saat kita menempuh pendidikan perguruan tinggi di kota malang dengan tidak bermukim dipondok pesantren apakah kita masih berstatus sebagai Alumni, Santri, atau Mahasiswa?

Sebuah paradigma status yang hingga saat ini kita masih belum bisa menemukan jawabannya. sebelum berbicara apa itu Alumni, Santri atau Mahasiswa kita sebagai anggota ataupun pengurus HIMMABA (Himpunan Mahasiswa Malang Alumni Bahrul Ulum) baik pada ranah koordinator kampus, komisariat, ataupun cabang semuanya masih dalam satu struktural. Didalamnya terdapat makna Alumni, dari situ sudah terjawab sebenarnya kita ini siapa, kita ini Alumni. sebagaimana dijelaskan bahwa makna Alumni adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi (KBBI). Lantas yang menjadi sebuah paradigma selanjutnya adalah saat kita di HIMMABA hakikat sejatinya diri kita ini siapa? Apakah kita ini Santri atau Mahasiawa? Sebelum membahas kedua makna tersebut, marilah kita gali makna tersebut dan kita relevansikan dengan HIMMABA.

Makna Santri adalah sebutan untuk seseorang yang sedang menimba ilmu pendidikan agama islam selama kurun waktu tertentu dengan jalan menetap disebuah pondok pesantren. Sedangkan Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah perguruan tinggi. dari makna singkat keduanya diantara kita mungkin masih kesulitan memahaminya, dengan hal tersebut dijelaskan pada poster besar yang berada di sebelah parkiran pondok pesantren tua di malang, miftahul huda gading.

Bahwa Santri adalah meliputi makna 5 huruf diantaranya :
Sin, Nun, Ta’, Ro’, dan Ya’.
Sin : Salikun Ilal Akhiroh (santri harus menuju pada jalan akhirat)
Nun : Naaibul Anil Masyayikh (santri adalah generasi pengganti para ulama’)
Ta’ : Taarikun Anin Maasi (santri harus mampu menjauhkan diri dari kemaksiatan)
Ro’ : Roghibun Fil Khoirot (santri harus senang dalam hal kebaiakan)
Ya’ : Yarjuu Salim Fiddini Waddunya Wal Akhiroh (santri harus selalu mengaharap
keselamatan di dalam agama, dunia, dan akhirat)

Sedangkan Mahasiswa adalah lebih terperincinya tergantung pada aktifitas kita, selain banyak yang menyebutkan bahwasanya mahasiswa adalah Agent of Change, Agent of Social Control, Agent of Iron Stock yang dalam makna filosofisnya adalah sebagai berikut:
Agent of Change : Sebagai agen perubahan
Agent of Social Control : Sebagai agen kepedulian sosial
Agent of Iron Stock : Sebagai agen yang memiliki kemampuan, ketrampilan, untuk
menjadi calon pemimpin siap pakai.

Setelah kita memahami lebih jelas dari kedua makna yang telat terjelaskan diatas, maka kita dapat sedikit menarik benang merah atau kesimpulan bahwa saat kita menempuh pendidikan diperguruan tinggi maka kita disebuat sebagai mahasiswa dengan dasar atas tiga prinsip yang melakat sesuai agen agennya. Dan juga, saat kita menjadi mahasiswa yang memiliki karakter sebagaimana makna “Sin” yang berarti santri harus menuju pada jalan akhirat sampai “Ya’.” dengan maksud santri harus selalu mengaharap keselamatan di dalam agama, dunia, dan akhirat maka sudah jelas bahwa saat kita aktif, berkecimpung, berkiprah di HIMMABA hakikat dan sejatinya kita adalah menjadi ketiga konteks dari paradigma Alumni, yang merangkap menjadi Santri dan Mahasiswa.

“Pendidikan memang tidak menjaminmu untuk berkembang. Namun pendidikan bisa menjadikan lantaran agar diri kita mampu menjadi lebih baik, Semoga kita selain menjadi mahasiswa tetap konsisten menjadi santri yang memiliki kecerdasan pikir dan keluasan hati yang luas, Amiin”


Ahmad Mufid
Mahasiswa Pascasarjana UM 2017
Ketua HIMMABA Cabang Perode 2016-2017

No comments:

Biasakan Berkomentar.
(Komentar Anda Merupakan Kehormatan Bagi Kami) - Terima Kasih

Powered by Blogger.