Memaknai Perayaan Hari Santri

Image result for hari santri nasional

Hari Santri Nasional merupakan bukti pengakuan negara atas jasa ulama dan santri dalam merebut dan mempertahankan NKRI. Selain itu, hari santri yang ditetapkan pada tanggal 22 Oktober adalah momentum yang tepat bagi para santri untuk kembali mengingat tentang identitasnya. Tidak hanya terbatas pada soal mengingat, seyogyanya para santri juga kembali menanyakan pada dirinya masing-masing; apa yang telah kami (red: santri) berikan pada negeri ini. Hari Santri Nasional bukan hanya tentang selebrasi dan euforia, namun yang harus ditekankan kembali adalah identitas santri dan kontribusinya untuk ummat dan negeri.
Identitas tentang santri tak selalu positif di mata masyarakat. Hal itu terbukti dengan stigma yang berkembang di sebagian masyarakat bahwa santri adalah kaum kolot yang konservatif. Stigma-stigma yang melekat pada santri harus dihapuskan dengan satu langkah lebih maju. Pemikiran-pemikiran besar para santri selalu dinanti untuk kemajuan bangsa ini.
Di era yang serba canggih ini; terutama menyongsong revolusi industri 4.0, kaum santri harus lebih responsif terhadap isu-isu yang sedang berkembang. Menjadi santri yang responsif dan progresif terhadap perkembangan zaman bukan berarti meninggalkan nilai-nilai kesantunan yang selama ini melekat pada sosok yang disebut santri. Progresivitas kaum santri tentunya sangat dinanti di berbagai lini pembangunan demi terwujudnya bangsa yang sejahtera.
Akhir kata, semoga hari santri tidak sekadar selebrasi, namun menjadi tonggak awal bagi para santri untuk berkhidmat pada negeri 


Oleh: Hikmah Imroatul

No comments:

Biasakan Berkomentar.
(Komentar Anda Merupakan Kehormatan Bagi Kami) - Terima Kasih

Powered by Blogger.