NOSTALGIA: Napak Tilas Gathering HIMMABA

Istilah Gathering diambil dari bahasa Inggris yang artinya berkumpul, sebuah nama dari program kerja Kepengurusan HIMMABA Cabang. Sepertihalnya terjemahannya yang berarti berkumpul, kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun para anggota HIMMABA Se-Malang Raya terutama para anggota baru HIMMABA. Pengadaan kegiatan ini selain bertujuan sebagai gerbang awal anggota baru untuk masuk dalam HIMMABA juga bertujuan sebagai media pengkaderan organisasi.  Dalam Gathering berisi berbagai rangkaian kegiatan mulai dari Ta’aruf bersama yang dikhususkan pada anggota baru, sosialisasi kepengurusan, hingga pemberian motivasi dari para Pembina. Adapun awal mula istilah Gathering terdengar di HIMMABA yaitu ketika kepengurusan HIMMABA Cabang terbentuk kembali pada tahun 2010 usai vakum sejak 2004, ketika itu ketua umum HIMMABA Cabang dijabat oleh M. Khoiron asal Pasuruan. Hingga saat ini (September 2015) Gathering HIMMABA telah terlaksana sebanyak empat kali, mau tahu kapan saja waktunya simak terus artikel ini !

1.  Gathering HIMMABA I  (01-02 Oktober 2011- Wana Wisata Bedengan, Dau, Kab. Malang)

Sejak saat inilah penggunaan istilah Gathering mulai terdengar di organisasi HIMMABA sebagai wadah Taaruf HIMMABA Se-Malang Raya, dimana saat itu kepemimpinan tertinggi HIMMABA Cabang dipegang oleh sedulur M. Khoiron asal Pasuruan dan Cak Pendeng mengemban amanat sebagai ketua pelaksananya. Meskipun baru pertama kali diadakan akan tetapi Gathering pertama ini tergolong cukup sukses dengan indikator banyaknya anggota baru HIMMABA Se-Malang Raya angkatan 2011 yang terdaftar sebagai peserta Gathering,  kurang lebih sekitar 40 orang. Hal yang unik pada Gathering pertama ini yakni mulai dicanangkanlah pemilihan ketua angkatan HIMMABA Se-Malang Raya bagi anggota baru, dimana ide ini bertujuan untuk memudahkan follow up dan media sillaturrahmi anggota baru. Setelah melalui pemungutan suara terpilihlah M. Amirur Rijal Arifin sebagai ketua HIMMABA angkatan 2011 dan M. Riris El Yusi sebagai wakilnya serta seduluri Hubbil Fadhila sebagai pengkoordinir kaum perempuan.

2. Gathering HIMMABA II (03-04 November 2012-  Arboretum, Sumber Brantas, Batu)

Pada Gathering edisi kedua kali ini dilaksanakan  tatkala HIMMABA Cabang dipimpin oleh Ali Ma’sum, adapun untuk ketua panitianya diamanatkan pada Taufiqurrohman selaku Koordinator Divisi Pengkaderan HIMMABA Cabang. Melalui Gathering ini terpilihlah sedulur M. Dawud Zahiruddin sebagai ketua HIMMABA angkatan 2012 melalui sistem pemungutan suara. Sama seperti tahun pertama, pada gathering kali ini juga diisi dengan materi pengenalan organisasi HIMMABA dan Motivator Training yang diberikan oleh KH. Dr. Moh. Asrori Alfa dan Dwi Hidayatul Firdaus, M.H.I.

3.    Gathering HIMMABA III (28-29 Sept 2013 - Segoro Anakan Sempu,  Kab. Malang)

Pemilihan lokasi Segoro Anakan Sempu sebagai lokasi Gathering pada awalnya sempat mengalami pro dan kontra antar panitia pelaksana mengingat jarak yang terbilang jauh dan membutuhkan biaya banyak. Akan tetapi konflik argumen ini tidak berlangsung lama usai tercapailah kesepakatan bersama antar kedua belah golongan.
Gathering yang dilaksanakan pada masa kepemimpinan M. Fadly ini semakin meriah dengan kedatangan sedulur IMABAYA Surabaya sebagai peserta Gathering, mengingat pada masa ini merupakan masa-masa kebangkitan IMABAYA usai vakum cukup lama.

4.   Gathering HIMMABA IV (08-09 Nov 2014- Ledok Amprong, Poncokusumo, Kab. Malang)

Gathering edisi empat ini tergolong memuai pro dan kontra dari pihak IKABU mengingat penggunaan nama agenda ditambah dengan kata Nasional. Penggunaan istilah Gathering Nasional selain mengacu pada Gathering edisi pertama juga imbas dari berubahnya sistem kepengurusan HIMMABA Cabang Malang menjadi HIMMABA Pusat usai resmi memutus struktural dari PPBU.

Pada Gahtering HIMMABA kempat ini kembali digagaslah model ketua angkatan HIMMABA bagi anggota baru. Hanya saja ada perbedaan sedikit dengan gathering sebelumnya yaitu jika dalam Gathering sebelumnya hanya dipilih satu ketua angkatan saja atas nama Malang Raya, pada Gahtering kali  ini  tiap kampus atau komisariat juga mendapat mandat untuk memilih ketua angkatan masing-masing. Hal ini bertujuan agar roda pengkaderan organisasi dapat berjalan maksimal pada tiap komisariat atau koordinator kampus.




Gathering HIMMABA II
Gathering HIMMABA IV
Gathering HIMMABA III
Gathering Pertama

No comments:

Biasakan Berkomentar.
(Komentar Anda Merupakan Kehormatan Bagi Kami) - Terima Kasih

Powered by Blogger.